siaran pers Mendukung transisi energi dan pemberdayaan masyarakat di Asia-Pasifik

Chevron memahami bahwa perubahan dalam skala besar membutuhkan kolaborasi dan kemitraan

Bali, 22 Juni 2022 – Chevron merupakan salah satu anggota pendiri AVPN Healthcare Pooled Fund, yang bertujuan untuk memperkuat layanan kesehatan primer di daerah pedesaan dan perkotaan yang sulit dijangkau di Asia Tenggara.

Peluncuran putaran II Pooled Fund dilaksanakan bertepatan dengan Konferensi Global AVPN 2022 yang diselenggarakan di Bali, 20-24 Juni 2022 dan akan berfokus pada kesehatan dan nutrisi ibu, bayi, dan anak di Indonesia, Filipina, Kamboja dan Vietnam. Chevron menyumbang $600.000 untuk Pooled Fund ini selama tiga tahun sejak tahun 2021.

Pada konferensi Global AVPN tersebut, Chevron membagikan pengalamannya dalam sesi yang berkaitan dengan solusi berbasis alam serta pendidikan STEM. Sejak 2018, Chevron telah menyumbang $700.000 untuk solusi berbasis alam seperti program Mangrove Ecosystem Restoration Alliance (MERA) di Riau dan yang masih berlangsung di Jakarta, bersama dengan beberapa mitra industri lain. Program yang masih berlangsung di Jakarta, Indonesia adalah dukungan kepada Suaka Margasatwa Muara Angke.

Pada tahun 2021, Chevron mengumumkan kontribusi $2,48 juta (AUD$3,45 juta) kepada Conservation Volunteers Australia untuk mendukung proyek-proyek pengurangan karbon.
Dalam sesi terkait STEM, Chevron akan menyampaikan upaya-upayanya dalam mempromosikan pendidikan STEM yang efektif di Asia Tenggara melalui program Chevron Enjoy Science, suatu kemitraan publik-swasta senilai $35 juta selama 7 tahun di Thailand. Fase 2 dari Enjoy Science, yang dilaksanakan oleh Pusat Pendidikan STEM Regional Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO), bertujuan untuk mengembangkan kapasitas pemangku kepentingan guna meningkatkan dan mempertahankan dampak dari Enjoy Science.

“Kemitraan adalah inti dari bisnis kami. Kami bekerja sama dengan para pemangku kepentingan, pemerintah, dan LSM untuk memberikan keahlian tambahan guna melengkapi, meningkatkan hasil yang diperoleh, dan memperluas dampak dari program pemberdayaan masyarakat yang kami laksanakan,” kata Nigel Hearne, President, Chevron Eurasia Pacific Exploration and Production. “Kami berkomitmen untuk membantu mengurangi kemiskinan, mendorong peluang dalam bidang ekonomi dan sosial, serta mempersiapkan tenaga kerja masa depan di Asia-Pasifik.”

Kemitraan dan investasi Chevron di bidang kesehatan, pendidikan, dan pembangunan ekonomi bertujuan untuk memajukan dan membantu pemberdayaan masyarakat di seluruh kawasan. Beberapa contoh program dapat Anda baca pada Lampiran di bawah ini.

AVPN healthcare pooled fund

Mendukung masa depan energi Asia-Pasifik
Selain berinvestasi dalam program-program pemberdayaan masyarakat, Chevron juga mendukung kemajuan manusia dengan menyediakan energi yang andal, terjangkau, dan selalu bersih. Chevron telah mendukung kawasan Asia-Pasifik untuk memenuhi kebutuhan energinya selama hampir satu abad. Masa depan energi membutuhkan kemitraan dan kolaborasi, karena tidak ada satu pun perusahaan, industri, atau negara – yang bertindak sendiri – dapat memenuhi tujuan energi dan iklim dunia.

Chevron telah mengumumkan kemitraan rendah karbon dengan Pertamina untuk membantu pencapaian tujuan transisi energi Indonesia. Ditujukan untuk melayani konsumen lokal dan potensi regional, MoU ini mewakili investasi Chevron dalam solusi energi rendah karbon melalui kemitraan dengan perusahaan energi nasional dan pemerintah, yang semuanya memiliki kepentingan bersama dalam mempercepat transisi energi nasional.

Lampiran – Contoh program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan Chevron di Asia-Pasifik
Pada Januari 2021, Chevron bermitra dengan Southeast Asia One Health University Network (SEAOHUN) dan lembaga publik lainnya untuk meningkatkan literasi kesehatan dan pemahaman mengenai pendekatan One Health, dengan meluncurkan program dua tahun senilai $600.000 yang bertajuk, “Memperkuat Pendidikan One Health di Asia Tenggara”.

Pada Mei 2022, Chevron memprakarsai program tiga tahun senilai $900.000, bekerja sama dengan Miller Center untuk mengembangkan solusi ketahanan iklim melalui kewirausahaan sosial. Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan solusi pertanian cerdas iklim, air bersih, dan energi rendah karbon yang andal bagi masyarakat rentan di Asia-Pasifik melalui dukungan khusus untuk perusahaan sosial yang memiliki potensi tinggi.

Selama lebih dari 15 tahun, Chevron telah bekerja sama dengan Conservation Volunteers Australia, dan pada tahun 2021, Chevron Australia berkontribusi sebesar AUD$3,45 juta untuk mendukung solusi berbasis alam untuk perubahan iklim. Inisiatif ini akan membantu kegiatan restorasi kritis di 10 lokasi lahan basah di seluruh Australia. Inisiatif ini juga akan berkontribusi pada penelitian karbon biru yang inovatif.

 

Tentang Chevron

Chevron adalah salah satu perusahaan energi terintegrasi terkemuka di dunia. Sebagai perusahaan energi inovatif, kami menatap masa depan energi dengan optimis. Kami menyediakan energi yang terjangkau, andal, dan selalu bersih kepada masyarakat di kawasan Asia-Pasifik untuk mencapai dunia yang lebih sejahtera dan berkelanjutan. Kami berinvestasi dalam program pemberdayaan masyarakat yang membantu memajukan tujuan pembangunan berkelanjutan dari PBB dan berusaha memberdayakan masyarakat untuk memenuhi potensi mereka.

Cameron Van Ast
External Affairs Advisor
Cameron.VanAst@chevron.com