siaran pers Chevron Dianugerahi Sustainable Business Award Indonesia 2018

Jakarta, Indonesia, 8 January 2019Chevron Indonesia mendapatkan penghargaan Sustainable Business Award Indonesia (SBA-I) 2018 untuk kategori penggunaan lahan dan keanekaragaman hayati. Senior Vice President PGPA Wahyu Budiarto menerima penghargaan bergengsi ini dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro pada acara penghargaan yang berlangsung di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta.

 

Chevron merupakan salah satu dari lima perusahaan terbaik dalam kategori penggunaan lahan dan keanekaragaman hayati. Panel juri SBA-I menilai Chevron memperlihatkan kepemimpinan yang baik dalam kategori ini dengan mengintegrasikan aspek keanekaragaman hayati ke dalam pengelolaan dan pengambilan keputusan melalui Sistem Pengelolaan Keunggulan Operasi, yang memastikan seluruh harapan dan proses dikaji dan dijalankan, termasuk aspek lingkungan hidup, dampak sosial dan kesehatan; pengelolaan risiko; serta kesehatan, lingkungan hidup dan keselamatan. 

 

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk menerima penghargaan ini, dan berada berdampingan dengan perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional terkemuka lainnya. Nilai-nilai Perusahaan kami mendorong kami untuk menghasilkan energi dengan mengedepankan aspek perlindungan lingkungan dan bermitra dengan berbagai organisasi untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan,” kata Wahyu Budiarto.

 

Di Indonesia maupun di dunia, Chevron menjalankan bisnis dengan rasa tanggung jawab sosial dan etika, melindungi manusia dan lingkungan, mendukung hak asasi manusia dan memberi manfaat kepada masyarakat di tempat kami beroperasi.

 

 

Melindungi manusia dan lingkungan merupakan nilai utama kami. Tujuan kami adalah menjadi perusahaan yang dikagumi karena keunggulan kami dalam aspek ini. We mengakui konservasi keanekaragaman hayati merupakan isu lingkungan hidup dan sosial yang penting. Dan kami menerima tantangan tersebut dan menjadikannya peluang untuk menunjukkan bahwa kami dapat berperan serta melindungi keanekaragaman hayati seiring kami menhasilkan energi yang dibutuhkan dunia. Kami berkomitmen untuk memperlihatkan bahwa kami bisa mencapai tujuan tersebut melalui kinerja dan kemitraan kami,” jelas Kevin Lyon, Managing Director IBU.

 

Bersaing untuk meraih penghargaan tersebut dengan perusahaan nasional dan multinasional terkemukan yang juga beroperasi di Indonesia, Chevron berhasil lulus proses prakualifikasi dengan memuaskan. Anugerah Sustainable Business Award (SBA) menggunakan kerangka penilaian yang komperhensif meliputi 12 kategori, yakni strategi dan pengelolaan berkelanjutan, sumber daya manusia, masyarakat, pengelolaan energi, pengelolaan air, produktifitas bahan dan limbah, perubahan iklim, pengelolaan rantai pasokan, penggunaan lahan dan keanekaragaman hayati, tanggung jawab bisnis dan kode etik, hubungan pemangku kepentingan dan materialitas, serta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.

 

“Penghargaan ini memberikan pengakuan terhadap perusahaan yang terdepan dalam melakukan upaya-upaya bisnis yang berkelanjutan dan menetapkan hal tersebut sebagai strategi bisnis jangka panjang. Penghargaan ini juga bertujuan untuk memberikan inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lainnya, baik kecil maupun besar, untuk menjadikan keberlanjutan sebagai fondasi dari misi dan brand perusahaan mereka,” jelas Tony Gourlay, CEO Global Initiatives.

 

Indonesia merupakan salah satu dari enam negara dimana Anugerah SBA diberikan. Kerangka penilaian penghargaan disusun bersama para pemangku kepentingan dan para ahli terkemuka di dunia dengan sangat konsisten mengikuti praktik-praktik terbaik internasional. Dalam prosesnya, penghargaan ini melibatkan penilaian yang diberikan oleh organisasi Global Initiatives, PWC Consulting, dan panel penasihat nasional (National Advisory Panel).

 

Chevron merupakan salah satu perusahaan energi terintegrasi terdepan di dunia dan melalui anak-anak perusahaan di Indonesia telah beroperasi di negeri ini selama 95 tahun. Dengan inovasi dan komitmen karyawan kami yang terampil dan berdedikasi, Chevron Indonesia menjadi salah satu produsen minyak terbesar di Indonesia. Dari lapangan-lapangan migas darat kami di Riau, Sumatera dan lapangan-lapangan migas lepas pantai di Kalimantan Timur, kami telah memproduksi lebih dari 12 miliar barel minyak untuk pemenuhan kebutuhan energi dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dalam mengoperasikan blok migas, Chevron bekerja di bawah pengawasan SKK Migas berdasarkan kontrak kerja sama atau Production Sharing Contract (PSC). Informasi lebih lanjut mengenai Chevron di Indonesia, kunjungi www.indonesia.chevron.com. 

Kontak: Sonitha Poernomo, Jakarta, +62 811 8519273, sonithapoernomo@chevron.com