bioremediasi

memelopori proses pembuangan secara alami

environment bioremediation

Fasilitas operasi perusahaan di Sumatra, Indonesia.

Bioremediasi adalah metode yang terbukti aman serta efektif untuk mengelola tanah yang terkontaminasi minyak mentah dan minyak lainnya dari sisa pengolahan industri dengan menggunakan mikro organisme. Melalui siklus selama tiga hingga enam bulan, kandungan minyak secara perlahan dikonsumsi oleh mikroba dan mengubahnya menjadi air dan gas yang tidak berbahaya. Proses ini mengembalikan kandungan tanah secara alami.

Bioremediasi merupakan pengembangan praktik global yang telah diterapkan dalam berbagai industri, seperti fasilitas petrokimia dan perkapalan serta rel kereta api. Praktik ini telah disetujui oleh berbagai lembaga pemerintahan di seluruh dunia.

bioremediasi di Indonesia

PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) yang bermitra dengan Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia, lembaga-lembaga pemerintah dan para pakar lingkungan hidup merupakan pelopor dalam penggunaan metode bioremediasi di Indonesia sebagai teknik remediasi tanah yang efektif dan ramah lingkungan. Kami telah bekerja sama untuk merancang, menerapkan, dan mengawasi program bioremediasi yang sukses, yang membantu CPI dan Pemerintah Indonesia memenuhi target produksi minyak nasional secara ramah lingkungan dan bertanggung jawab.

Saat ini PT CPI mengoperasikan sembilan fasilitas bioremediasi di operasi kami di Provinsi Riau, Sumatra, yang mencakup area seluas lebih dari 10 acre, dengan kombinasi kapasitas yang mampu meremediasi sekitar 42.000 meter kubik tanah setiap siklusnya.

Sejak tahun 2003, dengan menggunakan teknologi bioremediasi, kami telah berhasil meremediasi lebih dari setengah juta meter kubik tanah, setara dengan 200 kolam renang ukuran Olimpiade. Tanah yang diremediasi telah digunakan untuk penghijauan kembali lahan seluas 60 hektare di Provinsi Riau, setara dengan luas 75 lapangan bola.