pendidikan dan pelatihan

berinvestasi demi masa depan Indonesia

Program investasi sosial kami di bidang pendidikan dan pelatihan telah turut membantu kemajuan masyarakat. Pendidikan telah menjadi fokus Chevron di Indonesia sejak tahun 1957, ketika kami mendirikan SMAN 1, sekolah menengah atas negeri pertama di Pekanbaru, Riau.

peningkatan keterampilan tenaga kerja

Di wilayah operasi kami di Riau dan juga Kalimantan Timur, bekerja sama dengan pemerintah setempat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), organisasi pemuda, perguruan tinggi dan sekolah kejuruan lainnya, kami menyelenggarakan berbagai program pelatihan keterampilan. Inisiatif ini bertujuan untuk melakukan diversifikasi ekonomi masyarakat setempat dan meningkatkan peluang lapangan pekerjaan melalui upaya peningkatan keterampilan generasi muda, siswa kurang mampu, dan perempuan.

Pada 2011, kami meluncurkan program Vocational Training for Employment and Entrepreneurs (VoTEE) dengan menggandeng mitra organisasi lokal yang membantu lebih dari 375 penerima manfaat. Pada 2012, program ini memberikan pelatihan kepada lebih dari 670 perempuan dan remaja. Sementara pada 2017, kami melanjutkan program VoTEE ini dengan nama yang berbeda, yakni Vocational Training for Entrepreneurship and Workforce Development (VOTED).

Jenis pelatihan yang ditawarkan berbeda dari tahun ke tahun, namun umumnya mencakup keahlian pengelasan, otomotif, pengoperasian alat berat, perkayuan, rigging, kelistrikan, teknisi motor, teknisi audio, teknisi pendingin ruangan, wirausaha, kerajinan tangan dan batik, keterampilan kecantikan salon, menjahit, dan memasak. Di Duri, bekerja sama dengan Politeknik Caltex Riau, kami turut memberikan bantuan modal usaha kepada lulusan terpilih agar mereka dapat memulai membuka usaha sendiri.

Pada tahun 2018-2019 Chevron menyelenggarakan program Workforce Development Program. Selain memberikan pelatihan keterampilan, program ini juga dilengkapi dengan sertifikasi yang dikeluarkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sebanyak 138 peserta telah mengikuti proram ini.

achievement icon

375

penerima manfaat yang
bermitra dengan organisasi
lokal di tahun 2011

diversity inclusion icon

670

wanita dan
remaja dilatih
selama 2012

global involvement icon

315

peserta dalam
program VOTED
selama 2019

Pada 2019, menggandeng Institut Kemandirian Dompet Dhuafa (IKDD) sebagai mitra pelaksana program, kami meluncurkan program pengembangan kewirausahaan dan keterampilan tenaga kerja yang kami sebut dengan program Vocational Training for Entrepreneurship and Workforce Development (VOTED). Program ini diikuti 315 peserta yang berasal dari 24 kecamatan di tujuh kabupaten/kota di Provinsi Riau. Bidang pelatihan yang ditawarkan antara lain desain tata busana, pengolahan pangan, teknisi sepeda motor, reparasi komputer, desain grafis, dan pengelasan. Dengan keterampilan yang dimiliki, peserta program diharapkan memiliki peluang yang lebih besar untuk menembus pasar kerja dan memiliki kemampuan bersaing yang lebih tinggi dalam berwirausaha.

Salah satu program terkini yang kami lakukan yaitu Workforce Development Program (WFD). Pelatihan ini merupakan kegiatan pelatihan dan sertifikasi bagi para angkatan kerja muda, termasuk lulusan SMA/SMK dan pelaku usaha kecil-mikro agar dapat mempunyai daya saing tinggi. Bidang pelatihan dan sertifikasi disesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini demi menyambut era revolusi industri 4.0, yakni Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (AK3), Cisco Certification Network Associate (CCNA), MikroTik Certification Network Associate (MTCNA) dan Zahir Accounting. Keempat bidang ini dipilih karena hampir semua industri saat ini membutuhkan sertifikasi AK3. Sementara itu, kompetensi CCNA dan MTCNA telah menjadi tolak ukur pengakuan atas keahlian seseorang dalam bidang pengelolaan infrastruktur jaringan komputer. Selain itu, keahlian dalam Zahir Accounting diyakini dapat memberikan solusi pencatatan keuangan perusahaan yang efektif dan efisien.

sekolah politeknik

Pada tahun 2001, kami bersama pemerintah Provinsi Riau mendirikan Politeknik Caltex Riau (PCR), yang merupakan politeknik pertama di provinsi tersebut. Tujuan pendirian PCR adalah untuk melatih mahasiswa setempat agar dapat segera diserap di berbagai sektor industri. Saat ini, PCR memiliki sekitar 1.500 mahasiswa dan menawarkan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan usaha serta dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi tersebut. Secara umum, PCR menawarkan delapan program diploma – teknik komputer, teknik elektronika, teknik telekomunikasi, mekatronika, akuntansi, teknik IT multimedia, sistem informasi industri dan teknik telekomunikasi lanjutan. PCR terus bertumbuh dan saat ini didanai secara mandiri dan terpisah dari Chevron.

Di Banda Aceh, kami membangun Politeknik Aceh bersama para mitra sebagai bagian dari upaya pemulihan jangka panjang pasca bencana tsunami pada tahun 2004. Lebih dari 3.800 siswa telah lulus dari kedua politeknik ini.

politeknik caltex riau

Politeknik Caltex Riau di Sumatra, Indonesia.

beasiswa darmasiswa chevron riau

Chevron memulai program beasiswa Darmasiswa Chevron Riau (DCR) pada tahun 2001 untuk membantu siswa-siswa sekolah menengah atas yang berbakat di Provinsi Riau untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Bekerja sama dengan dinas pendidikan di tingkat kabupaten/kota dan provinsi, Chevron melakukan seleksi setiap tahun untuk mengidentifikasi para siswa yang memiliki potensi paling menonjol. Setiap tahun, kami mengirim sekitar 60 orang siswa terpilih untuk bersekolah di berbagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada. Hingga saat ini, lebih dari 1.000 siswa berprestasi telah memperoleh manfaat dari program ini.

Setelah lulus, para penerima manfaat DCR berhasil melanjutkan impiannya dengan meniti karir sebagai pegawai pemerintah, karyawan di perusahaan nasional dan multinasional, guru, dosen, dokter, dan konsultan. Beberapa diantara mereka bergabung dan bekerja di Chevron.

program universitas

Melalui University Partnership Program (UPP) dan University Relationship Program (URP), kami bekerja sama dengan beberapa universitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi tersebut. Kami menilai bahwa kemitraan pendidikan ini merupakan investasi strategis yang mendukung masa depan industri energi global dan tentunya pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Chevron Corporation meluncurkan program UPP Chevron melalui kemitraan dengan lebih dari 100 perguruan tinggi dan mitra-mitra universitas di seluruh dunia. Tujuan utama program ini adalah untuk mendorong dan mengembangkan talenta mahasiswa berbakat dan dosen berkualitas yang dapat membantu menciptakan ahli teknik yang andal dan berdaya saing global, khususnya di industri energi. Di Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan mitra UPP. Kami menyediakan berbagai dukungan strategis, mencakup beasiswa, hibah, bantuan dana untuk peningkatan fasilitas laboratorium dan fakultas lainnya.

Sementara pada program URP, Chevron bermitra dengan Universitas Negeri Riau (UNRI), Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Lancang Kuning (UNILAK), dan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI). Kami membantu keempat perguruan tinggi ini dengan upaya pengembangan kapasitas, baik untuk mahasiswa dan dosen, perbaikan infrastruktur universitas, dan peningkatan akreditasi untuk program studi terpilih.

university partnership with Bandung Institute of Technology (ITB)

Program UPP dengan Institut Teknologi Bandung.

sakai education

Kami juga mendukung pendidikan bagi masyrakat Sakai, suku asli Riau. Fokus kami adalah menyediakan akses peningkatan jenjang dan kualitas pendidikan serta pembangunan kapasitas siswa Sakai. Kami menyediakan buku-buku, memberikan insentif untuk para guru dan menawarkan beasiswa kepada ribuan anak-anak Sakai melalui program Beasiswa Anak Asuh Sakai. Sejak tahun 2001, sekitar 2.000 masyarakat Sakai telah menerima bantuan pendidikan ini.